Ini kesukaan saya

Ini kesukaan saya
Ini kesukaan saya

Minggu, 15 Agustus 2010

Mobil terbang komersil pertama

Terrafugia, mobil terbang komersil pertama di dunia........

Terrafugia


 The Terrafugia Transition, ya inilah nama mobil terbang komersil pertama yang akan di perjualbelikan bebas nantinya. Pesawat terbang yang bisa berubah menjadi mobil atau sebaliknya, akan diproduksi besar-besaran. Terrafugia telah mendapat izin pesawat dengan beban khusus, dari Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat (FAA).

Seperti dilansir Telegraph.co.uk, edisi Selasa 29 Juni 2010, pesawat-mobil ini merupakan satu-satunya kendaraan yang secara hukum diizinkan untuk beroperasi resmi.

Bagaimana metamorfosa kendaraan ini? Saat berada di jalan raya, kendaraan ini bisa dipacu dengan kecepatan standar. Saat menjadi mobil, kendaraan ajaib ini melipat sepasang sayapnya.

Artinya, bila menemukan area yang cocok dijadikan untuk bandara dadakan, kendaraan ini bisa segera beraksi. Cukup dengan 'bandara' berukuran sepertiga dari bandara normal, atau sekitar 500 meter, pesawat ini bisa lepas landas. Sayap lipat bertenaga listrik bisa mengembang.

Saat berada di udara, kecepatannya bisa mencapai sekitar 115 meter perjam, dengan jarak tempuh mencapai sekitar 760 kilometer. Beban yang diangkut bisa mencapai 200 kilogram.

Terrafugia sangat mengutamakan keselamatan penumpang. Termasuk dalam penerbangan dalam cuaca buruk. Pilot atau sopir dapat dengan mudahnya kembali ke rumah dan memasukkan pesawat ke garasi mobilnya.

Hingga kini tercatat 70 orang sudah memesan kendaraan ini. Dengan merogoh kocek sekitar Rp 90 juta sebagai tanda jadi, pesawat sudah bisa dipesan. Rencananya, pesawat-mobil ini akan dilego Rp 1,76 miliar.
Harga ini tentunya tidak mahal bagi orang kaya di indonesia jika di bandingakan harus beli helikopter pribadi atau pesawat terbang pribadi yang harganya puluhan miliar atau bahkan ratusan miliar. 
Bila sudah di produksi massal dan secara global, mungkin nanti akan banyak mobil terbang seliweran di mana - mana.

Perkembangan teknologi memang sangat cepat sekali dan semakin canggih, mobil terbang yang tadinya hanya kita lihat di film fiksi bisa terwujud dalam waktu dekat.

Anda berminat untuk membelinya...???

Tidak ada komentar: